Iklan Horizontal

Kamus Alkitab Online Bahasa Indonesia

 

kamus-alkitab-online-bahasa-indonesia

  • OBAJA :

1. Pelayan atau kepala istana raja Ahab dari Israel (1 Raja - Raja 18:3-16). Dari masa mudanya dia pengikut TUHAN yang saleh. Sewaktu Izebel menganiaya nabi - nabi TUHAN, Obaja menyembunyikan 100 orang dari antara mereka di dalam dua gua. Pada musim kemarau, saat Obaja mencari rumput untuk kuda-kuda dan keledai-keledai raja, Elia menjumpai dia dan membujuknya mengatur pertemuan dengan Ahab, yang menghasilkan pertandingan antara Elia dan para nabi Baal. Suatu meterai kuno Ibrani yang ditulis "Untuk Obaja hamba raja' milik dia. 

2. Seorang keturunan Daud (1 Tawarikh 3:21). 

3. Seorang kepala suku dari Yizrahya (1 Tawarikh 7:3). 

4. Seorang keturunan Saul (1 Tawarikh 8:38, 1 Tawarikh 9:44). 

5. Seorang Lewi (1 Tawarikh 9:16), sama dengan Abda (Nehemia 11:17) dan mungkin dengan Obaja, penunggu gerbang Bait Allah (Nehemia 12:25). 

6. Seorang pahlawan orang Gad, yang mengikuti Daud di Ziklag (1 Tawarikh 12:9). 


Obaja ( Surat Alkitab  )

Garis besar isi surat Obaja :

1. Peringatan mengenai malapetaka Edom, Kehancuran atau hukuman atas Edom serta alasan - alasan Edom dihukum.

2. Penghakiman secara menyeluruh ( ayat 15 dan 16 )

3. Pemulihan atas bangsa Israel ( ayat 17 sampai ayat 21 )

Kitab Obaja adalah Kitab terpendek atau kitab paling singkat dari seluruh kitab yang ada dalam Perjanjian Lama.

Judul perikop Alkitab dalam surat Obaja adalah " Nubuat tentang Edom ". Banyak dari nubuat itu memuat kata-kata Allah sendiri dengan mempersonifikasikan Edom (ayat 2-15). Kegamblangannya mencolok dengan penggunaan kata kerja waktu lampau (ayat 2) untuk melukiskan penghakiman yang belum dilaksanakan, dan dengan pemakaian larangan - larangan (ayat 12-14) yang melarang kekejaman padahal telah dilakukan. Aneka perbandingan dan kiasan mencolok digunakan seperti : "sekalipun engkau terbang tinggi seperti burung rajawali (ayat 4), para perampok Edom dibandingkan dengan pencuri malam dan pemetik buah anggur (ayat 5), penghakiman bangsa - bangsa adalah minuman pahit, yang harus mereka teguk (ayat 16). Orang Israel yang membalas dendam disebut api, dan orang Edom disebut tunggul gandum (ayat 18). Kejahatan Edom dari yang terkecil sampai yang terbesar didaftarkan (ayat 10-14). Dituntaskan dengan nubuat pemulihan bangsa Israel dinyatakan dengan perluasan empat jurus utama (ayat 19, 20). Dosa dan malapetaka dalam ayat 1-16 dengan tajam dipertentangkan dengan pengharapan dan kemenangan dalam ayat 17-21. Kitab Obaja maju dari kata yang khusus ke yang umum, dari penghakiman Edom ke penghakiman universal, dari pemilihan bangsa Israel ke penegakan Kerajaan Allah. 

  • OBED :

1. Anak Rut dan Boas (Rut 4:17), yakni kakek Daud (Rut 4:21 dan ayat - ayat berikutnya, 1 Tawarikh 2:12, Matius 1:5, Lukas 3:32). Kelahiran Obed membawa penghiburan bagi Naomi yang sudah lanjut usia. 

2. Seorang keturunan Yerahmeel (1 Tawarikh 2:37 dan ayat berikutnya). 

3. Seorang pahlawan Daud yang gagah perkasa (1 Tawarikh 11:47). 

4. Anak Semaya dan cucu dari Obed-Edom, dari keluarga Korah (1 Tawarikh 26:7). 

5. Ayah dari Azarya, seorang kapten yang melayani di bawah Yoyada (2 Tawarikh 23:1). 


  • OBED - EDOM :

lbrani 'oved dom' atau pelayan dari dewa). 

1. Seorang Filistin dari Gat, tinggal tidak jauh dari Yerusalem. Sebelum Daud membawa tabut TUHAN ke Yerusalem, dia meninggalkan tabut itu di rumah Obed-Edom selama tiga bulan, sejak Uza meninggal. Kehadiran tabut itu membawa berkat pada keluarganya (2 Samuel 6:10 dan ayat berikutnya, 1 Tawarikh 13:13, 1 Tawarikh 15:25). 

2. Leluhur dari salah satu keluarga penunggu pintu gerbang (1 Tawarikh 15:18 dan ayat berikutnya, 2 Tawarikh 16:38, 2 Tawarikh 26:4, 2 Tawarikh 25:24). 

3. Suatu keluarga penyanyi pada zaman pra-pembuangan (1 Tawarikh 15:21: 16:5).

  •  ODED :

1. Ayah dari Azarya (2 Tawarikh 5:1), pada masa pemerintahan Asa. Dalam ayat 8 disebutkan 'nabi Azarya bin Oded'. 

2. Seorang nabi dari Samaria (2 Tawarikh 28:9-15) yang menemui bala tentara Kerajaan Utara, yang kembali sesudah kemenangan dengan membawa sejumlah tawanan yang diperbudak dari Yehuda. Sang nabi memprotes dan mendesak tentara itu untuk mengembalikan para budak itu. Permohonannya yang didukung oleh beberapa pemimpin Samaria, berhasil terlaksana.


  • OFEL : 


Bagian bukit timur di Yerusalem, antara Sion ( kota Daud ) dan Bait Suci. 


  • OFIR :


(Ibrani 'ofir) Kejadian 10:29, 1 Raja-raja 10:11). 

1. Nama anak Yoktan dalam silsilah Sem (Kejadian 10:29, 1 Tawarikh 1:23). Suku ini terkenal dari prasasti-prasasti zaman pra Islam (G Ryckmans, Les noms propres sud-semitigues, 1934, hlm 298, 339 ). Wilayah mereka terletak antara Saba di Yaman dan Hawilah (Hawlan) seperti digambarkan dalam Kejadian 10:29. Tradisi Islam menyamakan Yoktan dengan Oahtan, seorang anak Ismael dan 'ayah semua orang Arab'. 

2. Negeri dari mana emas murni diimpor ke Yudea (2 Tawarikh 8:18, Ayub 22:24, 28:16, Mazmur 45:9, Yesaya 13:12), kadang-kadang dalam jumlah besar (1 Tawarikh 29:4), dan kayu cendana (1 Raja-raja 10:11), perak, gading, dan dua jenis kera (1 Raja-raja 10:22), dan batu-batu permata yang mahal (2 Tawarikh 9:10). Iring-iringan kapal Salomo sampai ke Ofir dari Ezion-Geber di Teluk Akaba (1 Raja-raja 9:28), menggunakan 'kapal-kapal Tarsis', barangkali kapal-kapal yang biasanya dipakai mengangkut biji-biji besi (1 Raja-raja 22:49). Pelayaran ini memakan waktu satu tahun penuh , perdagangan ini cukup terkenal, sebab Ofir searti dengan emas halus, yang merupakan hasil yang utama (Ayub 22:24). Dalam Yesaya 13:12 Ofir disejajarkan dengan 'ogir, yang berarti 'saya akan membuat mahal' (Hebrew Union College Annual, 12-13, 1937-1938, halaman 61). Penegasan dagang ini terdapat dalam suatu lempengan yang ditemukan di Tell Oasileh (Afek) timur laut Tel Aviv tahun 1946, dituliskan 'emas dari Ofir untuk Bet-Horon. 

  • OG : 

Raja Amori dari Basan, dari ras raksasa Refaim pada waktu penaklukan Palestina (Bilangan 21:33 dan Yesaya 13:12). Kerajaannya sangat perkasa, mempunyai 60 kota dengan tembok yang tinggi-tinggi, pintu gerbang dan palang-palang yang terbentang dari gunung Hermon sampai ke Yabok. Termasuk di dalamnya dua kota raja, Asytarot dan Edrei. Di Edrei bangsa Israel mengalahkan dan membunuh dia. Daerahnva separuhnya diberikan kepada suku Manasye (UIangan 3:13), yang tinggal di sebelah timur Yordania. Penaklukannya adalah salah satu kemenangan Israel yang gilang gemilang ( baca juga Yosua 9:10, Nehemia 9:22, Mazmur 135:11, Mazmur 136:20). 

Tempat tidurnya termasyhur yang terbuat dari besi. Ada beberapa pengamat sejarah bangsa - bangsa Timur Tengah menyatakan bahwa itu sebenarnya adalah peti mayat dari batu, kendatipun itu tidak mempunyai arti demikian, tapi peti mayat serupa banyak ditemukan di daerah itu. Rupanya ranjangnya itu jatuh ke tangan orang Amon dan disimpan di Raba (Ulangan 2:11).

  • OHOLA DAN OHOLIBA : 

Nama-nama ini adalah kiasan untuk Samaria (Kerajaan Utara) dan Yerusalem dalam Yehezkiel 23, masing-masing berarti 'kemahnya' dan 'kemah saya berada di dalamnya'. Dalam nama pertama terkandung kritik terhadap upacara keagamaan kerajaan di bagian Utara. Kedua kerajaan itu digambarkan kakak-beradik, yang sama - sama berbuat doda sundal di tanah Mesir, kedua-duanya dikawinkan dengan Yahweh, dalam suatu alegori pertentangan dengan larangan dalam Imamat 18:18 tidak usah menimbulkan kesulitan. Kedua-duanya dituduh berzinah mengkhianati Yahweh, suami mereka, yaitu dengan sukarela terlibat dan bersekutu secara politis dengan bangsa-bangsa lain, dalam pengertian waktu itu bahwa persekutuan antara dua bangsa melibatkan kedua pihak terikat kepada dewa-dewa mereka. Bersundal di Mesir juga sebagai kiasan sebagai gambaran bahwa bangsa Samaria dan Yerusalem telah meninggalkan TUHAN dan memilih menyembah para dewa. Oholiba telah diperingatkan, bila tidak mau belajar dari nasib kakaknya, nasibnya akan serupa juga. 


  • OLIMPUS : 

Seorang Kristen yang berpengaruh,  sekalipun tidak dikenal yang dikirim Salam oleh Paulus di Roma 16:15.

Nama Olimpic dan Olimpiodorus yang lazim di seluruh kerajaan Romawi diambil dari Olimpus sebagai bentuk penghormatan dan pengingat akan sosok Olimpus.

  • OMEGA : 

Lihat ALFA DAN OMEGA


  • OMRI :

1. Panglima tentara Ela, raja terakhir dari wangsa Yerobeam, anak Nebat. Omri sedang memimpin pasukan Israel merebut kota Filistin, Gibeton, waktu datang berita mengatakan bahwa Zimri telah membunuh raja dan menduduki takhta kerajaan (1 Raja-raja 16:16). Pasukan Israel mengangkat Omri menjadi raja (885 sebelum Masehi), dan segera bergerak ke Tirza. Zimri putus asa lalu membakar istana dan mati di dalam api itu. Empat tahun kemudian Tibni dikalahkan dan dibunuh. Pilihan Omri atas gunung Samaria (1 Raja-raja 16:24) menjadi ibukota baru bagi Kerajaan Utara merupakan kebijakan yang baik. Tempat ini sangat indah dan letaknya yang strategis, memampukan orang Israel mematahkan serangan-serangan Siria dan Asyur sampai direbut oleh Sargon tahun 722 Sebelum Masehi (itupun terjadi sesudah 3 tahun pengepungan) kalah dalam pertentangan dengan Damsyik, terpaksa Omri menyerahkan kota-kota tertentu kepada orang Siria (1 Raja-raja 20:34). Guna memperkuat kedudukannya, dia mengawinkan anaknya, Ahab, dengan putri Etba'al, imam besar dari Tirus. Peranan menantunya ini dalam sejarah Israel mendatangkan akibat-akibat yang tidak baik. Omri begitu keras menguasai Moab, sehingga hanya pada waktu Mesa menjadi raja Moab, rakyat Moab baru cukup kuat untuk memberontak menentang Israel (2 Raja-raja 3:4). Dari zaman Salmaneser III hingga zaman Sargon, Israel Utara dicatat dalam beberapa prasasti Asyur sebagai 'tanah keluarga Omri', sebagai pertanda bahwa di bawah pemerintahan Omri orang Israel pertama kali membayar upeti kepada Asyur.

Biarpun penting dari sudut sejarah, namun hanya sedikit yang dicatat mengenai pemerintahan Omri selama 12 tahun. Yang pertama dari wangsa 4 keturunan, diberitakan bahwa dia melakukan sesuatu yang jahat di mata TUHAN, dan rupanya ia menyetujui praktik sinkretis dalam agama (bandingkan dengan surat Mika 6:16). Namun demikian pada saat kematiannya (kira-kira 874 Sebelum Masehi) suatu kerajaan yang makmur dan sejahtera diwarisi oleh anaknya.

2. Seorang dari suku Benyamin, anak Bekher (1 Tawarikh 7:8)

3. Seorang dari suku Yehuda, keturunan Peres (1 Tawarikh 9:4)

4. Kepala suku Isakhar pada zaman Daud (1 Tawarikh 27:18).

  •  ONAN :

Putra kedua Yehuda ( Kejadian 38:4, Kejadian 46:12, Bilangan 26:19, dan 1 Tawarikh 2:3). Oleh karena abangnya Er, Onan disuruh ayahnya Yehuda untuk mengawini Tamar, janda Er. Onan yang dianggap tidak patuh kepada orang tua dan tidak mengikuti adat istiadat yang ada dalam tradisi bangsa Yahudi akhirnya dibunuh(Kejadian 38:8-10).

  •  ONESIFORUS : 

Dalam 2 Timotius yang ditulis oleh Paulus kepada Timotius di Efesus, rasul itu mengirim salam kepada keluarga Onesiforus (4:19), dan mendoakan kiranya kasih karunia TUHAN menyertai mereka, dan Onesiforus sendiri kiranya memperoleh belas kasihan TUHAN pada hari besar penghakiman. Sahabat Kristiani sejati ini sering membawa bantuan kepada Paulus pada saat-saat Paulus dalam keadaan sulit, dan telah bersusah payah mencari dan menemui dia di Roma, tempat Paulus dipenjarakan. Paulus memperhatikan, bahwa kelakuan sahabat ini lain sekali dari orang Kristen Asia lainnya, yang meninggalkan Paulus pada saat-saat genting. Seperti Onesimus, Onesiforus hidup sesuai namanya, yang artinya 'pembawa keuntungan'. Paulus mengingatkan bahwa Timotius lebih mengetahui daripada Paulus sendiri mengenai pelayanan-pelayanan yang disumbangkan oleh Onesiforus kepada orang Kristen di Efesus (2 Timotius 1:16-19). Rasul Paulus itu mengirim salam kepada keluarga Onesiforus (4:19), dan mendoakan kiranya kasih karunia TUHAN menyertai mereka, dan Onesiforus sendiri kiranya memperoleh belas kasihan TUHAN pada hari besar penghakiman. Sahabat Kristiani sejati ini sering membawa bantuan kepada Paulus pada saat-saat Paulus dalam keadaan sulit, dan telah bersusah payah mencari dan menemui dia di Roma, tempat Paulus dipenjarakan. Paulus memperhatikan, bahwa kelakuan sahabat ini lain sekali dari orang Kristen Asia lainnya, yang meninggalkan Paulus pada saat-saat genting. Seperti Onesimus, Onesiforus hidup sesuai namanya, yang artinya 'pembawa keuntungan”. Paulus mengingatkan bahwa Timotius lebih mengetahui daripada Paulus sendiri mengenai pelayanan-pelayanan yang disumbangkan oleh Onesiforus kepada orang Kristen di Efesus (2 Timotius 1:16-19). 


  • ONESIMUS : 

Hamba pelarian milik Filemon, seorang Kristen berpengaruh di Kolose. Onesimus berkenalan dengan Paulus waktu Paulus tertawan di Roma dan Efesus (yang mana yang dipilih, tergantung pada pendapat tentang tempat Paulus sewaktu menulis surat Kolose). Dia bertobat karena Paulus (Filemon 1:10), dan menjadi saudara setia yang dikasihi (Kolose 4:9). Namanya, yang artinya 'berguna', adalah suatu nama yang lazim untuk hamba-hamba, kendati tidak terbatas hanya untuk mereka saja. Dia hidup sesuai namanya yang memiliki sifat penolong bagi Paulus, sehingga Paulus ingin menahan dia untuk melayaninya. Paulus tahu bahwa Filemon juga mempunyai keinginan yang sama (Filemon 1:13). Tapi rasul itu tidak mau bertindak tanpa persetujuan Filemon, karena itu dia mengembalikan Onesimus kepada pemilik semula dengan surat pengantar, yang dalam Alkitab dikenal sebagai Surat Paulus kepada Filemon. 

Dalam surat ini Paulus  menggunakan nama hamba itu dengan menggambarkannya sebagai ' dahulu memang dia tidak berguna bagimu, tetapi sekarang sangat berguna baik bagimu maupun bagiku, dan mengisyaratkan secara sopan tapi terang, bahwa Rasul Paulus mengharapkan Filemon menerima Onesimus kembali untuk selama-lamanya, bukan lagi sebagai hamba, melainkan lebih daripada hamba, yaitu sebagai saudara yang kekasih, bagiku sudah demikian, apalagi bagimu, baik secara manusia maupun sebagai orang Kristen' (Filemon 1:15, 16). Namun Paulus mengakui, bahwa menyuruh dia kembali adalah sama dengan kehilangan sebagian dirinya sendiri (Filemon 1:12). 

Penyebutan nama Onesimus adalah salah satu mata rantai yang menghubungkan Kolose dengan Filemon, dan memperlihatkan bahwa kedua surat itu dikirim dari tempat yang sama dan pada waktu yang sama.

  • OREB :

1. Seorang pangeran sekaligus panglima Midian dalam pasukan yang dihancurkan oleh Gideon.

2. Gunung batu sebagai pengingat akan sosok pangeran Midian sebagai peringatan akan kekalahan besar yang dialami bangsa Midian (Hakim-hakim 7:25, Yesaya 10:26). Pasukan Efraim menguasai tempat-tempat penyeberangan sungai Yordan yang digunakan musuh untuk mundur.


  • ORPA :

Wanita Moab, menantu Naomi, dan ipar Rut (Rut 1:4). Setelah suami mereka meninggal, mereka berangkat dari Moab ke Yudea. Tapi Orpa, mengikuti nasihat Naomi, tinggal, kembali kepada keluarganya semula dan kepada peribadatan Kamos (Rut 1:15, 1 Raja-raja 11:33). Namun Naomi memohon dan menyerahkan dia dalam perlindungan TUHAN. 


  • OTNIEL :

Seorang Kenas, saudara dan kemenakan laki-laki dari Kaleb bin Yefune (Hakim-hakim 1:13), tidak jelas apakah 'adik Kaleb' atau istri Kaleb, namun merujuk kepada Otniel atau Kenas. Terkenal dalam perebutan Kiryat-Sefer (Debir), dia mengawini Akhsa, putri Kaleb. Kemudian dia melihat awal kemurtadan dan dominasi Kusyan-Risyataim, Karena itu ia memimpin pemberontakan dan berhasil. Otniel menjadi orang pertama dari hakim - hakim. Hakim-hakim 3:10 menyebut bahwa Otniel pemimpin kharismatik yang mengembalikan tata tertib dan ketenteraman.


PASKAH :

 lihat HARI RAYA PASKAH


  • PAULUS :  

Rasul Yesus Kristus yang dahulu bernama Saulus (Kisah Paa Rasul 7:58). Ia termasuk golongan Farisi dan turut menganiaya jemaat Kristen. Ia bertobat dan dipanggil menjadi rasul, khususnya di tengah - tengah bangsa - bangsa bukan Yahudi ( Kisah Para Rasul 9 , Galatia 1:13-16 ). Ia melakukan perjalanan - perjalanan untuk menyebarkan Injil dan mendirikan jemaat - jemaat. Untuk memelihara jemaat - jemaat itu ia menulis surat - suratnya. 


  • PEMBABTISAN : 

Upacara agama yang mempergunakan air. Istilah ini berasal dari kata yang secara harfiah berarti menyelamkan atau mencuci dengan air. Di antara orang Yahudi pada abad pertama, baptisan terutama berarti upacara tanda masuk ke dalam suatu kelompok atau persekutuan tertentu, atau upacara pembersihan dari dosa. Yohanes Pembaptis mengadakan baptisan sebagai tanda pertobatan dan pengampunan dosa. Di antara orang Kristen yang pertama, baptisan orang percaya merupakan upacara agama yang berarti pengampunan dosa dan penerimaan Roh Kudus ( Kisah Para Rasul 2:38 ). Paulus menerangkan bahwa baptisan  menandakan orang percaya bersatu dengan Yesus Kristus dalam kehidupan, kematian, dan ke bangkitan-Nya ( Roma 6:3-8 ), dan merupakan tanda bahwa seseorang menjadi anggota umat Allah.


  •  PEMBENARAN : lihat BENAR

  •  PEMBUANGAN : lihat BABEL

  • PEMUNGUT CUKAI : 

Petugas - petugas yang diserahi pemungutan bea dan cukai untuk pemerintah penjajah (Roma). Seringkali mereka itu memeras rakyat untuk menguntungkan diri, sehingga mereka disebut bersama dengan orang berdosa ( misalnya Matius 9:10 ).

Dalam Kitab-kitab Injil Sinoptik kata pemungut cukai bila dalam bahasa Yunani  menggunakan kata : telones yang artinya pengumpul cukai atau bea demi kepentingan Roma, yang ditugasi oleh kontraktor. Sejak tahun 212 sebelum Masehi di Roma telah ada sekelompok orang yang mengadakan kontrak dengan negara untuk mengurus bermacam-macam hal. Mereka didukung dan dihubungkan erat dengan kelompok penunggang kuda, kemudian mereka aktif di beberapa provinsi, di mana tugas mereka mencakup pengumpulan persepuluhan dan bermacam - macam pajak tak langsung. 

  • PENATUA : 

Dalam Kisah Para Rasul dan surat - surat para rasul, penatua - penatua (kadang. kadang juga disebut: tua-tua jemaat) merupakan para pemimpin yang bertanggung jawab atas kehidupan jemaat. Tugas mereka ialah ”menggembalakan kawanan domba Allah, sebagai teladan bagi kawanan domba itu dalam tanggung jawab kepada "Gembala Agung” ( 1 Petrus 5:1-4 ). 


  • PENDATANG : 

Orang asing yang hanya untuk sementara waktu tinggal di tanah Kanaan ( misalnya Keluaran 12:45, Bilangan 35:15 ). 

Seseorang yang berada di negeri lain atau di luar negeri lalu kembali, juga dapat berarti 'seseorang yang sedang menjalani hidupnya sebagai manusia, kemudian masuk atau masuk lagi ke daerah sorgawi'. Karena itu masa hidupnya di dunia ini dikiaskan, 'ia hidup di sini sebagai orang asing'. Kata nama benda Ibrani dalam bentuk jamaknya megurim, berarti perbuatan bermukim di negara asing. Konsep itu dalam bahasa Indonesia diterjemahkan bermacam-macam: mendiami atau tinggal sebagai orang asing (Kejadian 17:8: 28:4: Keluaran 6:4: Mazmur 119:54: Yehezkiel 20:38), negeri penumpangan mereka (Kejadian 36:2: 37:1), pengembaraan (Kejadian 47:9). 

- Ada dua istilah teknis dalam bahasa Ibrani bagi seorang asing yang tinggal lama di suatu negeri lain yakni ger dan tosav yang berasal dari akar yang sama dengan arti mengirim. Kata pertama biasanya mengandung kurun waktu yang lebih panjang, sedangkan kata tosav lebih singkat. Jika keduanya digabungkan maka gabungan itu memberi tekanan kepada sifat sementara atau kefanaan, yang secara harfiah terdapat dalam kitab Kejadian 23:4, secara kiasan dalam Mazmur 33:12 dan  1 Tawarikh 29:15 ( bahasa Indonesia: pendatang). Kata-kata Yunani ini juga dipakai dalam Perjanjian Baru (1 Petrus 1:1, 17: Ibrani 11:13: 1 Petrus 2:11). 

Pada zaman Perjanjian Baru bahwa bahasa aslinya paroikos, bukan hanya berarti berdiam lebih lama di suatu tempat, dibandingkan parepidemos, tapi juga bahwa orang itu lebih penuh dimasukkan ke dalam hidup sipil dan kepada kewajiban - kewajiban perpajakan dari masyarakat yang menerimanya. 'Pendatang' sesuai 1 Petrus 1:1 itu kini masih berada dalam daging dan proses perjalanan waktu, tapi dipilih bagi hidup kekal melalui Kristus, dan karena itu berbeda sekali dari orang-orang duniawi. Pemakaian ungkapan 'orang asing dan pendatang' dalam Ibrani 11:13 ini mengesankan, mengingat pandangan bahwa Bait Suci dan segala hal duniawi hanya menjadi gambaran dan bayangan' (Ibrani 8:5) dari hal - hal yang sorgawi, dan bahwa dunia yang tampaklah yang nyata. 

  •  PENEBUSAN : 

Hak dan kewajiban kaum keluarga untuk membeli kembali sebidang tanah yang telah dijual oleh seorang anggota keluarga itu karena utangnya (Imamat 25:25, Ruth 3:9, 12: 41) atau membeli kembali seorang anggota keluarga yang telah menjual diri menjadi budak. Pekerjaan Allah dalam melepaskan umat-Nya Israel dari perbudakan di Mesir (Keluaran 6:5: Ulangan 78). Demikianlah Yesus Kristus, datang untuk "memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.

Penebusan tidak hanya menengok ke belakang ke Golgota. Penebusan memandang ke depan ke kemerdekaan yang di dalamnya si tertebus berada. 'Kamu telah dibeli, dan harganya telah lunas dibayar”, jadi Paulus dapat berkata, 'karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu' (1 Kor 6:20). Justru karena mereka telah ditebus dengan harga yang demikian itu, maka orang percaya harus menjadi milik Allah. Mereka harus memperlihatkan dalam hidup mereka, bahwa mereka tidak lagi tertawan di dalam perbudakan dari mana mereka telah dilepaskan. Mereka dinasihati supaya berdiri teguh di dalam kemerdekaan yang dengan Kristus sebagai Sang Penebus telah memerdekakan kita (Galatia 5:1). 

  •  PENGANUT AGAMA : 

Orang-orang bukan Yahudi yang masuk agama Yahudi. Mereka itu disunat dan dibaptis sebagai tanda pencucian dari dosa dan menerima " kuk " hukum Taurat Musa. Pada zaman Yesus para pemimpin umat Yahudi sangat giat dalam usaha membuat orang lain menjadi penganut agama mereka (Matius 41:19). Dari mereka ada banyak yang kemudian menerima Injil Kristus (Kisah Para Rasul 2:11 , Kisah Para Rasul 13:43.


  •  PENGUASA : 

Bersama - sama dengan pemerintah -  pemerintah dan kekuasaan - kekuasaan, dan kerajaan-kerajaan dan singgasana-singgasana, maka penguasa-penguasa disebut sebagai penyataan "kerajaan angkasa” (Efesus 2:2), "penghulu-penghulu dunia yang gelap ini” (Efesus 6:12). Karena kebangkitan-Nya Kristus ditempatkan di atas segala penguasa itu (Efesus 1:21): Ia adalah Kepalanya (Kolose 2:10) yang telah mengalahkannya (Kolose 2:15). Dan jemaat terpanggil untuk memberitakan hal itu kepada penguasa-penguasa itu (Efesus 3:10). 


  •  PENILIK JEMAAT : 

(Yunani: episkopos) Gembala-gembala jemaat. Tentang orang-orang yang dalam Kisah Para Rasul 20:17 disebut "penatua jemaat” dikatakan dalam ayat 28: "Kamu ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat.” Bandingkan dengan juga 1 Timotius 3:2-5: penilik jemaat harus "mengurus jemaat Allah”. Kata uskup berasal dari istilah Yunani episkopos ini. Akhirnya Yesus disebut "gembala dan penilik jiwamu” (1 Petrus 2:25). 


  •  PENTAKOSTA : lihat HARI RAYA PENTAKOSTA


  •  PERJANJIAN : 

Persetujuan yang dibuat Allah dengan Abraham dahulu (Kejadian 17:1-8) dan kemudian dengan umat Israel (Ulangan 29:10-15) dan yang disertai janji - janji dari pihak Allah dan yang menuntut kesetiaan dari pihak manusia. Penumpahan darah Kristus di Golgota membaharui perjanjian Allah itu (Lukas 14:20, 1 Korintus 11:25, bandingkan dengan Yeremia 31:31). Ialah "Pengantara perjanjian baru” (Ibrani 9:15, 12:24). Rasul Paulus menjadi pelayan dari perjanjian baru, yaitu pelayanan Roh (2 Korintus 3:6-8). 


  •  PERKAMEN : 

Kulit binatang (sapi atau domba) yang dulu dipergunakan sebagai bahan tulisan. 

Pada zaman dulu perkamen digunakan sebagai alat tulis pengganti kertas.

  •   PERMANDIAN : lihat PEMBABTISAN


  •  PERSEMBAHAN KHUSUS : lihat KORBAN


  •  PERTOBATAN : 

Pembaharuan hidup sehingga kembali kepada TUHAN. Perubahan total sehingga yang lama ditinggalkan. Pemberitaan Yesus yang pertama berbunyi: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!” (Matius 4:17). 


  •  PERUMPAMAAN :  

Cerita - cerita yang bermaksud menjelaskan hal - hal yang tersembunyi, khususnya cerita-cerita yang mengandung hal-hal yang nyata dalam kehidupan manusia yang dipakai Tuhan Yesus untuk menerangkan Kerajaan Allah dan rahasianya (Matius 13:11).


  •  PESER : 

Mata uang tembaga Yahudi yang paling kecil, sama dengan setengah duit.

Pada tahun 141-140 sebelum Masehi Antiokhus VII memberi izin ke Simon Makabe, seorang imam dan panglima orang Yahudi mencetak koin uang sendiri sebagai alat pembayaran yang sah dalam negeri (1 Makabe 15:6). Sejak itu koin Yahudi ditempa, umumnya tembaga, sedangkan negeri tetangganya mengeluarkan koin perak berlimpah. Koin dana Yahudi menghormati hukum kedua, karena itu motif - motif koin mereka ketat terikat kepada pola-pola holtikultura dan benda-benda mati. Koin yang ditempa pada pemerintahan raja - raja Herodes satu dua kali melanggar hukum kedua, karena pada satu sisi memperagakan kepala kaisar yang sedang memerintah, dan kadang-kadang wajah  Herodes. Selama masa Revolusi Pertama (66 - 70 Masehi) dengan bangga orang Yahudi menempa pertama kalinya koin perak mereka, mengeluarkan baik syikal perak, seperempat syikal, setengah syikal maupun koin perunggu. Sebagai akibat dari revolusi ini perbendaharaan Bait Suci disita, sehingga tidak ada lagi persediaan logam orang Yahudi untuk menempa koin pada Revolusi Kedua (132-135 Masehi). Karena itulah mereka rayakan kemerdekaan mereka dengan menempa ulang koin asing lama, membubuhinya dengan cap-cap Yahudi, dan tulisan ukir 'kelepasan Yerusalem. 

Satu-satunya koin Yahudi yang disebut dalam Perjanjian Baru adalah uang perunggu lepton (dari Yunani leptos — 'kecil, mungil”). Inilah peser yang dimasukkan janda itu dalam Markus 12:42 dan Lukas 21:2. Harganya dengan setengah uang Roma quadrans, jadi seperdelapan assarion. Mata uang ini ditempa oleh pro kurator-prokurator dan raja-raja setempat untuk daerahnya masing-masing. Ada bukti bahwa "Pilatus memakai gambaran yang menghina orang Yahudi pada mata uangnya. 

  •  PETRUS SIMON : 

Bersama dengan saudaranya Andreas termasuk murid-murid Yesus yang pertama (Matius 4:17). Setelah ia mengaktu Yesus sebagai Mesias, ia disebut Petrus: "Dan di atas batu karang (Yunani: petra) ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku” (Matius 16:16-18). Bandingkan dengan juga Yohanes 1:42 di mana dipakai nama Aram, yaitu Kefas yang searti dengan Petrus (orang batu karang). Ia menyangkal Yesus pada saat-saat pengadilan-Nya, tetapi kemudian diangkat Yesus menjadi gembala kawanan domba Tuhan (Yohanes 21). Ia menjadi soko guru jemaat Yerusalem, bersama dengan Yakobus dan Yohanes (Galatia 2:9, Kisah Para Rasul 15:7-11), dan menjadi kepala pekabaran Injil kepada orang orang Yahudi (Gal. 2:7). Menurut tradisi ia mati sebagai martir (syahid) di Roma. 


  •  PIALA : lihat CAWAN


  •  PILATUS : 

Pontius Pilatus memangku jabatan gubernur Romawi atas Yudea, Samaria dan Idumea, tahun 26-36 Sesudah Masehi ia memegang peranan pokok dalam pengadilan Yesus (Markus 15:1-15).

 

  • PONDOK DAUN : lihat HARI RAYA PONDOK DAUN





Iklan Atas Artikel

Iklan Persegi

Iklan Tengah Artikel 2

script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-8166554209669713" crossorigin="anonymous">

Iklan Bawah Artikel