Iklan Horizontal

Daftar Kamus Alkitab Beserta Dengan Ayat Pendukungnya

 

kamus-alkitab

  • MAAKHA :

1. Maakha adalah nama bapak dari Sefaca, salah seorang kepala suku Israel.(1 Tawarikh 27:16)

2. Bapak dari Hanan, salah seorang prajurit Daud(1 Tawarikh 11:43) 

3. Bapak dari Akhis, raja Gat, yang hidup pada zaman raja Salomo(1 Raja-raja 2:39). 

4. Kata itu dipakai juga sebagai nama perempuan, antara lain: gundik Kaleb, yang melahirkan Seber dan Tirhana (1 Tawarikh 2:48), 

5. Istri Makhir, yang melahirkan Peresy (1 Tawarikh 7:16).

6. Istri Gibeon, atau Yeiel, salah seorang moyang raja Saul (1 Tawarikh 8:29, 1 Tawarikh 9:35)

7. Anak perempuan dari Talmai, raja Gesur, yang kawin dengan raja Daud dan yang melahirkan Absalom dan Tamar (2 Samuel 3:3)

8. Anak perempuan Absalom, yang menjadi istri kesayangan Rehabeam, dan yang melahirkan Abia (2 Tawarikh 11:20-22)

9.  Nenek Asa, ibu suri kerajaan Yehuda, sampai dia dipecat karena menyembah berhala (2 Tawarikh 15:16). 

10. Nahor, adik Abraham, dengan gundiknya Reuma, melahirkan seorang anak yang disebut Maakha(Kejadian 22:24). 

11. Satu kerajaan kecil disebut juga dengan nama Maakha, terletak di sebelah tenggara gunung Hermon, di daerah pinggir dari suku Manasye yang setengah itu (UIangan 3:14, Yosua 13: 8-13),  luasnya menyeberangi Yordan sampai Abel-Bet-Maakha. Pada zaman Daud, rajanya (Maakha) yang berbangsa Aram menyediakan seribu tentara, termasuk tentara orang Amon dan Aram untuk mencoba menghancurkan bangsa Israel. Tapi karena kekalahannya di Helam, besar kemungkinan raja Maakha harus membayar upeti kepada raja Daud (2 Samuel 10). Kemudian kerajaan Maakha dimasukkan ke dalam kerajaan Damsyik, yang sudah bangkit kembali pada pemerintahan raja Salomo (1 Raja-raja 11:23-25) 

  • MADMENA : 

Satu kota Moab yang ditentang nabi Yeremia dalam nubuatnya (Yeremia 48:2). Karena kota ini tidak kita kenal, maka diajukan dua saran, yaitu naskah Ibrani dibaca gmdmm tdmm, artinya "kau juga (hai Moab) sama sekali akan dibungkamkan, atau kata itu dibaca Dimon. Kota ini tidak mungkin sama dengan kota Madmana, terletak di Negeb (Yosua 15:31: 1 Tawarikh 2:49), atau dengan Madmena, di utara Yerusalem (Yesaya 10:31). Dimneh modern adalah tempatnya.

 Kota yang hanya satu kali saja disebut dalam Alkitab. Yesaya menyinggungnya waktu menggambarkan jalan yang ditempuh oleh tentara yang menyerang dan mendekati Yerusalem dari sebelah utara (Yesaya 10.31). Letaknya tidak kita ketahui, walaupun dari teks naskahnya alam sekitar Yerusalem kelihatannya berada 2 km di utara dari Skopus, adalah tempatnya. 

  • MAHANAIM : 

(dua perkemahan) :  Suatu tempat di Gilead, di situ Yakub melihat malaikat-malaikat Allah, sebelum ia sampai ke Pniel dan berjumpa dengan Esau (Kejadian 32:2). Mahanaim ditentukan menjadi kota orang Lewi (Merari) di daerah suku Gad (Yosua 21:38, 1 Tawarikh 6:80) dan letaknya di perbatasan Gad dengan Manasye di Gilead (Yosua 13:26, 30). Mahanaim pernah  menjadi ibukota Isyboset, anak Saul (2 Samuel 2:8, 12, 29), dan kemudian tempat perlindungan Daud terhadap Absalom anaknya(2 Samuel 17:24, 2 Samuel 27:19-32, 1 Raja-raja 2:8), kemudian menjadi kedudukan kepala daerah raja Salomo (1 Raja-raja 4:14). Biasanya tempat itu ditentukan di tengah-tengah Gilead utara di Khirbhet Mahneh, sebelah utara sungai Yabok. Tapi karena perbatasan Gad mengikuti aliran sungai Yabok, letak Mahanaim di sekitar tepi utara sungai Yabok. Mahanaim sedikit jauh dari sungai Yordan. Menurut 2 Samuel 2.29, 'hampir sepanjang siang” dibutuhkan Abner untuk lari menuju ke timur dari Yordan ke Mahanaim. Ayat ini dapat diterjemahkan ' Abner mendaki melalui lembah sungai yang 

sempit ', terjemahan inipun mendukung kesimpulan yang menyatakan letak Mahanaim di daerah yang sama yaitu di sekitar sungai Yabok dan sungai Yordan. 

  • MAHKAMAH AGAMA : 

Badan keagamaan umat Yahudi yang tertinggi. Terdiri dari 70 orang anggota ( para imam kepala, ahli - ahli Taurat dan tua - tua Yahudi ) di bawah p4impinan Imam Besar. Mahkamah inimempunyai kewibawaan penuh di bidang agama.


  • MAMON : 

Harta benda dan kekayaan dibayangkan sebagai oknum ( yang jahat ) Matius 6:24: Lukas 16:9. 

Kata Mamon muncul dalam Alkitab hanya di Matius 6:24 dan Lukas 16:9, 11, 13, dan ini merupakan transliterasi dari kata Aram mamona.  Pengertian sederhananya ialah kekayaan atau keuntungan. Tapi Kristus melihat di dalam kata ini keinginan yang tamak, yang menuntut seluruh hati manusia, dan dengan demikian mengasingkan orang itu dari Allah (Matius 6:19), jika seseorang 'memiliki' sesuatu, sebenarnya sesuatu itu memiliki dia juga. Pandangan, bahwa Mamon berasal dari bahasa Babel yaitu mimma, artinya  sama sekali, seluruhnya tidak jujur (Lukas 16:9) berarti keuntungan dengan jalan tidak jujur atau keuntungan yang dicari dengan motif-motif egois (bandingkan Lukas 12:15). Mungkin artinya, bahwa uang seperti itu, jika digunakan demi orang lain, bisa berubah menjadi kekayaan yang sejati dalam dunia yang akan datang (Lukas 16:12). 


  • MAMRE : 

1. Suatu tempat di sekitar Hebron, di sebelah barat dari Makhpela (Kejadian 23:17, 19, Kejadian 49:30, Kejadian 50:13). 

Dikaitkan kepada Abraham (Kejadian 13:18, Kejadian 14:13, Kejadian 18:1) dan Ishak (Kejadian 35:27). Selama beberapa waktu Abraham tinggal dekat pohon tarbantin di Mamre, di sana didirikannya sebuah mezbah, di sana diketahuinya bahwa Lot tertawan, di sana diterimanya janji TUHAN bahwa dia akan mendapat anak, dan membela penduduk kota Sodom, dan dari sana dilihatnya asap kota Sodom dan kota-kota di sekitarnya membubung ke atas. Letak tempat itu di wilayah Ramet el-Khalil, kota yang berjarak kurang lebih 3 km dari Hebron bagian utara.

2. Seorang kepala dari bangsa Amori di Mamre yang bersama - sama dengan kakaknya Eskol dan Aner turut berperang dengan Abraham melawan Kedorlaomer(Kejadian 14:13, 24)

  • MANNA : 

Makanan yang diberikan kepada orang Israel selama di padang belantara ( Keluaran 16:14-21 ). 

Makanan pokok umat Israel selama 40 tahun mengembara di padang gurun (Keluaran 16:35). Ketika Israel bersungut - sungut karena kekurangan makanan di padang gurun Sinai, Allah menurunkan 'hujan roti dari langit untuk mereka (Keluaran 16:45 Mazmur 78:23-24). Pemberian makanan ini tidak berhenti sampai mereka memasuki tanah Kanaan dan makan dari hasil negeri itu (Yosua 5:12), walaupun mereka sering bersungut-sungut (Bilangan 11:6) bandingkan dengan Nehemia 9:20. Tiap tahun Israel harus memungut satu gomer tiap hari selama 5 hari, dan dua kali lipat pada hari keenam untuk keperluan hari Sabat, karena pada hari itu manna tidak akan turun. Manna tidak boleh disimpan bermalam atau disimpan sampai hari esok, sebab akan berulat dan berbau busuk. Jadi manna yang dibutuhkan untuk hari Sabat harus dimasak atau dibakar, baru disimpan (Keluaran 16:4, 5, 16-30). Tiap pagi sesudah embun menguap, tersedialah di atas tanah 'sesuatu yang halus', seperti sisik, berwarna putih ketumbar dan rasanya seperti kue madu. Manna dapat digiling, lalu dimasak atau dibakar.

  • MELKISEDEK : 

Seorang raja dari Salem ( Yerusalem ). Namanya berarti " raja keadilan ”. Dialah imam Allah yang Maha tinggi, yang pernah memberkati Abraham ( Kejadian 14:18-20 ). Raja Israel disebut " imam 4,menurut peraturan Melkisedek ” ( Mazmur 110:4 ). Gelar itu diterapkan kepada Yesus Kristus sehingga Ia menjadi Imam yang lebih tinggi dari pada Lewi atau Harun ( Ibrani 7 ). 


  • MESIAS : lihat KRISTUS 

  • MIKHAEL : 

Malaikat pelindung umat Allah ( Daniel 10:13, Yudas 9: Wahyu 12:7 ). Mikhael (mikha 'el), "siapakah seperti Allah?” — searti dengan Mikha. Nama ini dipakai oleh 11 tokoh Alkitab, tapi hanya satu yang khas menonjol, yaitu malaikat Mikhael, yang dalam kitab-kitab Pseudepigrafa dipandang sebagai pelindung dan pembela Israel (1 Henokh 20:5: 89:76). Dalam Kitab Daniel, Mikhael lebih menonjol sebagai penjaga umat Yahudi terhadap ancaman kekuasaan fasik dari Yunani dan Persia (12:1), yang dilukiskan dengan gaya 'salah seorang dari pemimpin terkemuka dan pemimpinmu itu” (Daniel 10:13, 21). Dengan peranan ini sangat cocok bahwa dialah penghulu malaikat (Yudas 9) yang digambarkan 'bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa', pemimpin besar umat Allah itu, yang kepadanya malaikat (barangkali Mikhael) berbicara di atas gunung Sinai (Kisah Para Rasul 7:38). Selanjutnya tampil lagi Mikhael dalam Wahyu 12:7, sebagai makhluk yang berperang di sorga melawan ular naga. 


  • MIKTAM : 

Semacam nyanyian ( Mazmur 16: Mazmur 56:1 , Mazmur 60:1 ). , 

Miktam merupakan kumpulan nyanyian keagamaan yang terbaik yang dimikili oleh suatu bangsa. 

Kata miktam yang ada di Alkitab memiliki pengertian sebagai mazmur emas

Ada sebanyak enam kali Alkitab menggunakan kata miktam yaitu Mazmur 16:1 , Mazmur 56:1 , Mazmur 57:1 , Mazmur 58:1 , Mazmur 59:1 dan Mazmur 60:1


  • MIL : 

Mil Romawi kurang lebih 1,5 kilo meter. 


  • MILKOM : 

Dewa utama sembahan bani Amon (artinya: Raja). 

Milkom.adalah aIlah nasional bangsa Amon ("MALKAM, MoLOKH). Kata milkom memperkenalkan kepada kita ketiga bentuk nama illah-illah ini (milkom, malkam, molekh). Salomo kawin dengan anak raja Amon, lalu 'mengikuti Milkom, dewa kejijikan sembahan orang Amon' (1 Raja - Raja 11:5). Yosia di kemudian hari merobohkan mezbah pengorbanan, yang didirikan Salomo untuk dewa ini (2 Raj 23:13-14). 

Dalam beberapa ayat Perjanjian Lama istilah molekh mungkin mengacu pada suatu korban, seperti dalam beberapa inskripsi Fenisia dari Afrika Utara. Jadi ayat tersebut dapat dimengerti sebagai orang membuat anak melewati api sebagai suatu korban molekh. Namun demikian, dalam ayat - ayat lain ada acuan pada suatu allah. 

  • MILO : 

Benteng di Yerusalem, dalam bagian kuno (kota Daud). 

Nama tempat, berasal dari kata kerja male', 'penuh', "memenuhi - mengisi penuh'. Dipakai dalam Hakim Hakim 9: 6, 20 untuk nama tempat dekat Sikhem, yaitu 'Bet-Milo”, barangkali suatu benteng: tapi pemakaiannya yang utama talah berkaitan dengan Yerusalem. Mungkin itu adalah bagian perbentengan dari kota orang Yebus, barangkali menara kokoh (“penuh”) atau baluarti 'yang mengisi' suatu bagian yang lemah pada tembok-tembok itu, sebab jelas benteng ini sudah ada pada zaman Daud (2 Samuel 5: 9  ,1 Tawarikh 11:8). Dibangun kembali oleh Salomo (1 Raj 9:15, 24, 11:27: 'tembusan' yang disebut di sini agaknya mengenai soal lain) sebagai bagian dari rencananya untuk memperkokoh kerajaannya, dan sekali lagi diperkuat kira - kira 2,5 abad kemudian, ketika raja Hizkia mempersiapkan dirinya menghadapi serangan Asyur (2 Tawarikh 32:5), Ayat ini diterima oleh beberapa ahli untuk menandakan, bahwa Milo adalah nama lain untuk seluruh kota Daud, tapi lebih mungkin nama itu dapat dihubungkan dengan teras-teras (tembok dan pelataran) yang ditemukan K Kenyon di lereng timur pada bukit Ofel di Yerusalem. Teras-teras itu menjadi tempat pembangunan pada lereng itu. 

MINA : 

Ukuran timbangan sebesar 50 syikal 2 kurang lebih 570 gram. Dalam zaman Perjanjian Baru mina adalah mata uang yang seharga 100 dinar ( upah pekerja harian dalam 100 hari ). 


  • MOAB, ORANG MOAB. 

Moab (mo 'av) ialah putra Lot dari perkawinan sumbang dengan putri kandungnya yang tertua (Kejadian 19:37). Baik keturunannya maupun negeri itu dikenal sebagai Moab, dan bangsanya juga disebut bangsa Moab (mo'avi). Pusat Moab ialah dataran tinggi sebelah timur Laut Mati, antara Wadi Arnoh dan Wadi Zered, tapi pada masa-masa tertentu Moab meluaskan daerahnya ke sebelah utara Arnon. Tinggi rata-rata dataran tinggi ini adalah sekitar 1.000 meter, tapi diselingi oleh jurang-jurang yang dalam. Sungai Arnon sendiri bercabang dua kira-kira 21 km dari Laut Mati dan lebih jauh ke timur bercabang-cabang lagi beberapa kali lagi, dalam lembah-lembah yang dalamnya semakin berkurang, yang disebut 'lembah-lembah ke sungai Arnon' (Bilangan 21:14). Alkitab mencantumkan nama-nama dari banyak kota Moab (Bilangan 21:15, 20, Bilangan 32:3, Bilangan Yosua 13:17-20, Yesaya 15-16, Yeremia 48:20 dan ayat berikutnya). 

Pada zaman pra-Keluaran, Moab telah dihuni dan terdiri dari beberapa desa sampai kira-kira tahun 1850 Sebelum Masehi. Keturunan Lot menjumpai penduduk di sana dan mereka tentu kawin campur dengan penduduk asli itu, sampai pada akhirnya mereka bangkit sebagai kelompok yang lebih berkuasa, dan menyebut seluruh penduduknya menurut nama mereka. Keempat raja dari sebelah timur menyerang Moab dan mengalahkan penduduk Syawe-Kiryataim (Kejadian 14:5). Namun penyebab terjadinya peperangan tidak diketahui, swlanjutnya ada peeralihan Trans Yordan memasuki masa yang tidak menentu hingga menjelang tahun 1300 Sebelum Masehi, pada saat yang sama beberapa kerajaan Zaman Besi serentak timbul. 

Moab, seperti kerajaan-kerajaan yang lainnya, diorganisir sangat rapi dengan pertanian dan peternakan yang baik, bangunan-bangunan yang indah, keramik yang khas, dan pertahanan yang kuat berupa benteng-benteng kecil yang dibangun strategis di sekeliling perbatasannya. Ketika jumlah orang Moab melebihi daya tampung dataran tinggi milik mereka, mereka menduduki daerah-daerah sebelah utara Arnon dan menghancurkan penduduk aslinya (UIangan 2:10-11, UIangan 19-21, baca juga Kejadian 14:5). Daerah-daerah ini dibagi-bagi bersama saudara dekatnya, orang Amon. 

Tepat menjelang Keluaran, tanah-tanah sebelah utara Amnon ini direbut oleh Sihon, raja orang Amori, dari tangan Moab, waktu Israel meminta izin agar diperbolehkan berjalan mengikuti jalan raya (Ulangan 2:27), namun  Moab menolak (Hakim-hakim 11 17). Pada saat itu mereka mempunyai hubungan dagang yang kuat (UIangan 2:28-29). Musa tidak diizinkan Allah menyerang Moab karena sikap bertujuan mereka(Ulangan 2:9) walaupun orang Moab dikucilkan oleh bangsa Israel(UIangan 23:3-6, Nehemia 13:1)


  • MOLOKH : 

Dewa sembahan bani Amon (bandingkan dengan Milkom) yang kepadanya dipersembahkan anak - anak sebagai korban, juga di Yerusalem ( 2 Raja - Raja 23:10: bandingkan dengan Kisah Para Rasul 7:43 ). 



  • MUJIZAT : 

Sering menyertai karya penyelamatan Allah kepada Israel. Khususnya: tanda - tanda ajaib dan mujizat - mujizat dan perbuatan - perbuatan kuasa ( seperti penyembuhan, pemberian makanan dan lain - lain ) yang dilakukan oleh Yesus dan para rasul-Nya sebagai tanda bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. 


MUR : 

Damar yang harum baunya, yang dipakai untuk persembahan ( Matius 2:11 ), sebagai obat ( Markus 15:23 ) dan dalam mempersiapkan jenazah orang untuk penguburan ( Yohanes 19:39 ). 

Mur (murru, Ibrani : mor), getah dari torehan batang dan cabang suatu pohon damar yang rendah yang disebut Commiphora myrrha (dulu Balsamodendron myrrha) atau Commiphora kataf. Kedua tumbuhan itu asli Arab Selatan dan bagian Afrika Barat. Getah menetes dari pohon dan menjadi kental berwarna kuning coklat dan berminyak. Mur digunakan untuk membuat minyak urapan kudus (Keluaran 30:23-33), dinilai tinggi karena harum (Mazmur 45:9, Amsal 7:17, Kidung Agung 3:6: 4:14: 5:5, 13), dipakai untuk wangi-wangian perempuan (Est 2:12) dan kosmetik. “CANTIK, KOSMETIK. Mur dipersembahkan kepada bayi Yesus oleh orang majus (Matius 2:11), dicampurkan pada minuman yang disodorkan kepada-Nya untuk mengurangi sengsara dan kesadisan penyaliban (Markus 15:23), dan digunakan waktu penguburanNya (Yohanes 19:39). 

  • MURID : 

Dikatakan tentang pengikut seorang pemimpin atau pengajar, seperti Yohanes Pembaptis dan orang Farisi (Markus 2:18). Khususnya dimaksudkan para pengikut Tuhan Yesus: mula - mula dua belas orang, kemudian semua orang Kristen. Sekalian bangsa harus dijadikan murid Yesus ( Matius 28:19 ). 


  • MUSA : 

Orang yang memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir dan seterusnya sampai perbatasan tanah Kanaan. Dialah yang menyampaikan Hukum Taurat yang diterimanya langsung dari Tuhan Allah. 

Sejak Yosua (8:31, baca juga surat 1 Raja - raja 2:3: 2 Raja - raja 14:6, Ezra 6:18) sampai zaman Perjanjian Baru (Markus 12:26, Lukas 2:22: Yohanes 7:23), nama Musa selalu dihubungkan dengan Perjanjian Lama terutama Kitab - kitab Pentateukh: perhatikan 2 Korintus 3:15, di situ 'Musa' berarti seluruh Perjanjian Lama. Dan Musa beserta Elia, sebagai perwakilan Taurat dan nabi - nabi Perjanjian Lama, yang mendampingi Kristus di atas Bukit Pemuliaan (Matius 17:3-4). Karena terbatasnya tempat maka tak bisa dicantumkan di sini nilai pengaruh dari tokoh Musa terhadap penulis - penulis dan pemimpin - pemimpin dalam sejarah zaman terakhir ini, terutama dalam zaman serba digital seperti sekarang ini.


  • NAAMA : ('Menyenangkan, sedap”). 

1. Putri Zila dan adik Tubal-Kain (Kejadian 4:22). 

2. Seorang perempuan Amon.

 ibu Rehabeam (1 Raja-raja 14:21). 

3. Suatu kota di dataran tanah rendah Yehuda (Yosua 15:41),  sama dengan Na'neh modern atau letak yang sekarang, 10 km selatan Lida. 

  • NAAMAN (na aman: 'menyenangkan, sedap'). 

Panglima tertinggi yang sangat berhasil di bawah Ben-Hadad, raja Damsyik dan musuh Israel (baca juga surat 1 Raja-raja 20). Riwayatnya diceritakan dalam 2 Raja-raja 5. Dia "seorang terpandang di hadapan tuannya dan sangat disayangi... sangat berani, tetapi... seorang sakit kusta”. Di Israel penderitaan ini akan menyebabkan dia dibuang dari masyarakat (baca juga Imamat 13: 14), tapi di Siria penyakit itu tidak menghalangi dia memegang jabatannya yang tinggi. 

Berdasarkan ucapan gadis belia Israel yang ditawan dan menjadi pelayan di rumahnya — ucapan itu disampaikan kepada raja — maka raja menyuruh Naaman ke Samaria untuk mencari penyembuhan kepada Elisa. Ia membawa persembahan-persembahan yang pantas sesuai maksud dan tujuannya. Kendati sambutan tidak menyenangkan dan bahkan merasa dihina, baik karena cara penerimaan apalagi nasihat yang diberikan oleh nabi itu, Naaman dibujuk menuruti perintah-perintah Elisa, berdasarkan pikiran sehat yang mengesankan dari pegawai-pegawainya ('seandainya nabi itu menyuruh bapak melakukan perkara yg sukar, bukankah bapak akan melakukannya?'). 

Setelah tahir dari penyakit kustanya, Naaman mengakui bahwa Allah Israel adalah satu-satunya Allah yang benar, dan ia meminta membawa tanah Kanaan sebanyak muatan sepasang bagal — mungkin tanda keyakinannya bahwa TUHAN dapat disembah hanya pada tanah-Nya sendiri (baca juga Keluaran 20:24). Sesuai pemikiran kafir pada masa itu, sinkretisme keagamaan diperbolehkan, jadi Naaman mengajukan pertanyaan yang menarik, apakah dia boleh secara pura-pura menyembah berhala, apabila pada masa mendatang dia mendampingi raja Siria di kuil Rimon untuk sujud menyembah di sana. Elisa tidak menanggapinya. Dengan kondisi tahir dari penyakit kusta dan dengan iman baru, Naaman rela menyodorkan kepada petualang Gehazi beberapa persembahan, yang telah ditolak oleh Elisa. 

  • NABI : 

Seorang hamba TUHAN yang dipanggil untuk menyampaikan Firman Allah kepada manusia. Khususnya para nabi Israel yang bertindak selaku pembicara atas nama Allah ( seperti Musa, Elia, Amos, Yesaya dan lain - lain ). Seringkali mereka harus menentang raja atau rakyat Israel sendiri yang telah menyimpang dari kehendak TUHAN. Juga Yohanes Pembaptis ( misalnya Matius 11:5 ) dan Yesus sendiri ( misalnya Lukas 24:17 ) disebut nabi. Menurut pengharapan orang Yahudi akan muncul seorang nabi yang bertugas merintis jalan Mesias ( UIangan 18:15, 18, Yohanes 6:14 ). Yesus memberitahukan bahwa akan datang nabi - nabi palsu yang mau menyesatkan orang percaya ( Matius 24:11, 24 ). Dalam Jemaat Purba tampil beberapa nabi ( Kisah Para Rasul 13:1, 1 Korintus 12:28-29 , Efesus 4:11 ). 


  • NABIAH : 

(Ibrani nevi'a, Yunani profetis), Di seluruh Alkitab, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, 'nabiah' dipakai dalam arti yang sama dengan 'nabi'. Nabiah mengacu kepada perempuan dan nabi mengacu kepada laki-laki. 

Nabiah yang secara khusus disebut ialah: Miryam, saudara perempuan Musa, yang memimpin tarian disertai nyanyian untuk merayakan pembebasan Israel dari Mesir (Keluaran 15:20): Debora, istri Lapidot, 'seorang ibu di Israel” (Hakim-hakim 5:7) yang diminta nasihatnya karena dipandang sebagai hakim antar suku (Hakim-hakim 4:4), Hulda, istri seorang yang mengurus pakaian raja, yang mengumumkan kehendak ilahi kepada Yosia setelah kitab Taurat ditemukan (2 Raja-raja 22:14). Noaya, yang bergabung dengan nabi-nabi lainnya dalam usaha untuk menakut-nakuti Nehemia (Nehemia 6:14): dan Hana, yang memuji TUHAN di Bait Suci pada waktu bayi Kristus dibawa ke sana (Lukas 2:36 dan ayat berikutnya). 

Istri Yesaya disebut 'nabiah' (Yesaya 8:3). Keempat anak dara Filipus yang tidak disebut nama mereka bernubuat di Kaisarea (Kisah Para Rasul 21:9). Di gereja kuno, seperti nampak dalam Surat Paulus kepada orang - orang Korintus, karunia bernubuat dilakukan oleh banyak orang Kristen, tanpa membeda-bedakan jenis kelaminnya (baca juga surat 1 Korintus 11:4 dan ayat berikutnya). Ini sesuai dengan nubuat Yoel (Yoel 2:28, 'anak - anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat') yang dipenuhi Roh Ilahi pada hari Pentakosta (Kisah Para Rasul 2:16 dan ayat berikutnya). 

Ada nabiah-nabiah palsu, seperti juga ada nabi-nabi palsu di Israel (baca Yehezkiel 13:17). Dalam Perjanjian Baru kemasyhuran yang buruk diperoleh 'wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah' (Wahyu 2:20).

  • NAFTALI : 

(Naftali: 'yang bergulat'). Putra ke-6 dari Yakub (Kejadian 30:7 dan ayat berikutnya), ibunya adalah Bilha, budak perempuan Rahel, Keterangan mengenai dia sebagai 'rusa betina yang terlepas” dalam Kejadian 49:21 dapat berarti bahwa dia cepat kaki atau lincah. Targum dari Pseudo-Yonatan memberi dia masa hidup 132 tahun. Bilangan 2:29-31 mencatat sukunyalah yang terakhir dalam daftar perkemahan di padang gurun, suku itu dimasukkan di bawah panji suku Dan. 

Sembilan belas kota yang terletak di wilayah Naftali disebut dalam Yosua 19:32-39. Sebagai tambahan pada kota perlindungan yang terkenal, Kedesy-Naftali, wilayah itu mencakup juga kota besar Hazor dan kedua kota suci Kanaan — Bet-Anat dan Bet-Semes. Yosua 19:35 menyebut tiga kota yang di pesisir Danau Galilea, Hamat (di selatan Tiberias), Rakat (di utara Tiberias), dan Kineret (di barat Kapernaum). Daerah di sekeliling sumber-sumber Yordan termasuk ke dalam wilayah Naftali. Dari bagian yang paling utara, puak Naftali tidak dapat menghalau orang kanaan, yang beribadat kepada Anat dan Semes (Hakim-hakim 1:33). Orang Kanaan didapati oleh kaum Dan menguasai Lais pada waktu mereka menyerang Lais, dan nampaknya bisa terjadi karena tidak ada perlawanan dari pihak Naftali (Hakim-hakim 18). 

Wilayah Naftali mencakup banyak gunung dengan padang penggembalaan dan lembah-lembah yang baik untuk ditanami. Daerah ini merupakan salah satu wilayah dimana Salomo memperoleh perbekalan, kepala daerahnya adalah menantu Salomo (1 Raja-raja 4:15). Di barat laut Danau Galilea, di pesisir pantainya, terletak dataran Genesaret yang subur. Air berlimpah-limpah disediakan oleh sumber-sumber yang banyak sekali. 

  • NARWASTU : 

Sejenis bau - bauan yang dibuat dari akar serai wangi ( Kidung Agung 1:12, 4:13-14, Markus 14:3, Yohanes 12:3 ). 

Narwastu dalam bahasa Ibrani menggunakan kata ' nèrd ' dan dalam bahasa Yunani menggunakan kata ' nardos ' yang merupakan tanaman mahal dan berharga yang banyak tumbuh di India Utara, sekitar wilayah pegunungan Himalaya yang sampai saat ini sering digunakan untuk meminyaki rambut.

  • NASRANI : lihat NAZARET

  • NAZARET : 

Kota asal Yesus, yang terletak di Galilea ( Lukas 2:4 ), Berhubung dengan itu ia disebut " Yesus dari Nazaret ” atau " Yesus orang Nazaret ” ( misalnya Markus 1:24 ). Orang - orang Kristen pertama juga disebut: " Orang orang Nasrani " ( Kisah Para Rasul 24:5 ).

Nazaret merupakan kota  yang terletak di Galilea, tempat tinggal Yusuf, Bunda Maria dan  Yesus selama kurang lebih 30 tahun sampai Yesus ditolak (Lukas 2:39 , Lukas 4:16 , dan ayat 28 - 31 sehingga Yesus disebut orang dari  Nararet.

Nazaret terletak di suatu lembah yang curam di antara bukit - bukit batu gamping yang paling selatan dari barisan Libanon, barisan ini membentang dari selatan barat daya ke utara timur laut. Ke arah selatan terdapat turunan tajam ke dataran Esdraelon. Dasar lembah itu berada 370 meter di atas permukaan laut. Bukit - bukit curam menonjol di bagian utara dan timur, sedang di bagian barat tinggi bukit mencapai 500 meter dan merupakan pemandangan yang mengesankan. Jalan - jalan besar dari Yerusalem dan Mesir membelok ke dataran Esdraelon di selatan, kafilah-kafilah dari Gilead menyeberangi arungan-arungan Yordan dan melintasi dataran rendahnya: jalan utama dari Ptolemais ke Dekapolis dan utara, yakni jalan yang ditempuh pasukan - pasukan Romawi, berada beberapa kilo meter di atas Nazaret. Lokasi demikian menimbulkan suatu nama, yang berasal dari bahasa orang Aram yaitu nats'rat,  yang artinya 'menara jaga”. Iklim yang sejuk di lembah itu memungkinkan bunga-bunga dan buah-buahan liar tumbuh subur di tanah Nazaret.

Nazaret tidak ada disebutkan dalam kitab Perjanjian Lama. 

Nazaret memang terletak cukup dekat dengan beberapa jalur perdagangan penting untuk suatu hubungan kerja sama dengan dunia luar. 

  • NAZIR : 

Orang yang membaktikan diri untuk pelayanan kepada TUHAN, kadang - kadang untuk sementara waktu, kadang - kadang untuk seumur hidup. Ia tidak boleh memangkas rambutnya atau meminum air anggur ( misalnya Bilangan 6 dan Hakim - Hakim 13:5 )

Hukum nazir dalam Bilangan 6 

Aturan-aturan untuk seorang Nazir seperti yang sudah ditentukan  dalam Bilangan 6 menyajikan dasar paling sempurna dan cocok untuk didiskusikan, biarpun pasal tersebut secara kronologis bukanlah rujukan pertama alkitabiah untuk pokok ini. 

1.  Larangan - larangan Orang Nazir

-  Orang Nazir harus memantangkan anggur dan minuman yang memabukkan, cuka anggur dan buah anggur, guna menjaga integritas dan kekudusan orang Nazir teraebut, agar dia jangan kerasukan roh lain selain dari roh Allah (bandingkan dengan Amsal 20:1). Seperti seorang imam yang bertugas, orang Nazir memantangkan anggur agar lebih layak mendekati Allah,namun juga sebagai protes terhadap kebudayaan Kanaan, dan keinginan untuk kembali kepada adat-istiadat zaman pengembaraan yang banyak diceritakan dari generasi ke generasi.

- Nazir tidak boleh mencukur raambutnya selama waktu penasbihan, karena rambut yang dianggap sebagai tempat tinggal yang paling disukai roh - roh. Rambut nazir harus dipelihara dalam keadaan alaminya sampai dibakar habis untuk menjamin kemusnahannya tanpa rasa takut tercemar.

- Nazir tidak boleh mendekati mayat sekalipun keluarga terdekatnya yang meninggal.

Ciri khas seorang nazir adalah penyerahan diri seutuhnya kepada TUHAN Allah, dimana seluruh tubuh harus dipersembahkan sebagai pelayanan khusus. Kekusudsan yang biasanya dikaitkan dengan para imam diperluas kepada nazir.


  • NEBUKADNEZAR : 

Raja Babel ( tahun 604 - 565 sebelum Masehi ) yang pada tahun 586 merebut kota Yerusalem, memusnahkan Bait Allah dan menyingkirkan sebagian pendukungnya ke Babel ( pembuangan ). 

Nama Nebukadnezar sering disebut oleh nabi Yeremia, Daniel, Yehezkiel dan dalam sejarah wilayah Yehuda pada zaman purba kala.

Dalam buku sejarah menurut buku tawarikh orang Babel, Nebukadnezar merupakan anak dari pendiri bangsa Kasdim, Nabopolassor.

Tahun pertama pemerintahannya, Nebukadnezar menerima upeti di Siria, dari raja-raja Damsyik, Tirus, Sidon dan dari Yoyakim, yang  setia kepada Nebukadnezar selama 3 tahun (2 Raja - Raja 24:1, Yeremia 25:1), berbeda dengan Askelon  yang menentang dan akhirnya kota Askelon runtuh. Dalam kampanye tahun 601 sebelum Masehi orang Babel telah ditaklukkan oleh Mesir, dan setelah peristiwa itu Yoyakim mengalihkan kesetiaannya kepada para pemenang, meskipun nabi Yeremia telah memperingatkan ( Yeremia 27:9-11 ). Nebukadnezar mempersenjatai tentaranya dengan menyerang suku-suku Arab di Kedar dan Yordan Timur tahun 599 sebelum Masehi, seperti yang juga dinubuatkan oleh Yeremia (Yeremia 49:28-33), dalam rangka tindakan pembalasan dendamnya terhadap Yoyakim dan Yehuda (2 Tawarikh 36:6). Pada tahun.ke-7 pemerintahannya, Nebukadnezar ' bergerak menuju Palestina dan menaklukkan kota Yehuda yang direbutnya pada hari kedua bulan Adar” ( setara dengan kalender 16 Maret 597 sebelum Masehi). Lalu dia menangkap raja Yehuda dan mengangkat seorang raja pilihannya sendiri, setelah menerima sejumlah besar upeti yang dia kirim ke Babel. Penaklukan Yerusalem dan rajanya, Yoyakhin (anak Yoyakim dan penggantinya), pemilihan Matanya-Zedekia sebagai raja pengganti, pengangkutan barang rampasan dan orang - orang buangan, semuanya dikisahkan dalam 2 Raja - Raja 24:10 - 17. Nebukadnezar memindahkan inventaris Bait suci ke kuil Bel-Marduk di Babel (2 Tawarikh 36:7, 2 Raja - Raja 24:13, Ezra 6:5). Nama Yoyakhin dan orang-orang buangan Yahudi lainnya disebut dalam prasasti - prasasti asal Babel.

  • NEGEB : 

Tanah Negeb ialah daerah selatan dari tanah Kanaan: sebelah Selatan dari pegunungan Yehuda dan sebelah barat dari Laut Mati.

Tanah Negeb berada di Israel dekat Gaza-Bersyeba, melintasi daerah yang memiliki curah hujan kira - kira 20 cm per tahun, terus ke arah timur Bersyeba ke Laut Mati melalui Ras ez-Zuweira. Sebelah selatan berbatasan dengan perbukitan Semenanjung Sinai, yang secara politis sekarang direntangkan di selatan Wadi el-Arish ke wilayah atas teluk Akaba di Elat. Wadi Araba, juga secara politis sekarang adalah perbatasan dengan Yordan, yang ke arah timur berbatasan dengan tebing curam Araba. Negeb dalam Alkitab hampir seluruhnya terbatas pada zaman pra-pembuangan kecuali pada surat Zakharia 1:7 dan Obaja 20. Kelima wilayah di utara Negeb ialah: Negeb Yehuda, Negeb orang Yerahmeel, Negeb orang Keni (1 Samuel 27:10), Negeb orang Kreti dan Negeb Kaleb (1 Samuel 30:14). Kelima wilayah itulah padang penggembalaan dan lahan pertanian antara Bersyeba dan Bir Rikhmeh dan lereng-lereng wilayah barat dari pusat perbukitan Khurashe Kurnub, wilayah yang diduduki orang Amalek (Bilangan 13:29).

Negeb penting sekali secara strategis dan ekonomis. Jalan Asyur” melintasi Sinai menuju timur laut ke Yehuda (Kejadian 16:7, Kejadian 20:1 Kejadian:18: Keluarga 15:22, Bilangan 33:8), Suatu rute yang ditempuh bapak - bapak leluhur Israel (Kejadian 24:62, 26:22), oleh Hadad dan Edom (1 Raja - Raja 11:14, 17, 21, 22), dan rute pelarian yang ditempuh nabi Yeremia ( Yeremia 43:6 - 12) dan kemudian oleh Yusuf dan Maria (Matius 2:13-15). Rute itu ditentukan oleh daerah permukiman di mana mata air sangat penting, justru berulang kali muncul hunjukan pada mata air (baca juga surat Kejadian 24:15-20, Yosua 15:18, 19, Hakim - Hakim 1:14, 15). 

Uzia memperkuat pertahanan Yerusalem dengan mendirikan pusat-pusat pertanian dan benteng-benteng di bagian selatan yaitu Negeb utara yang terbuka (2 Tawarikh 26:10).

  • NENEK MOYANG : 

Para bapa leluhur bangsa Israel, khususnya Abraham, Ishak dan Yakub. Allah mengikat perjanjian dengan mereka dan keturunan mereka. 


  • NERAKA : 

Tempat siksaan untuk orang - orang mati, yang semasa hidupnya tidak mematuhi panggilan Yesus untuk menerima Kerajaan Allah. 


  • NISAN : lihat BULAN






Iklan Atas Artikel

Iklan Persegi

Iklan Tengah Artikel 2

script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-8166554209669713" crossorigin="anonymous">

Iklan Bawah Artikel