Iklan Horizontal

Kamus Alkitab Indonesia Terjemahan Baru

 

kamus-alkitab-terjemahan-baru

  • GABRIEL : 

Salah seorang malaikat utama. Ia menerangkan penglihatan kepada Daniel

(Daniel 8:16 , Daniel 9:21). Malaikat Gabriel juga diutus kepada Zakharia dan Maria untuk memberitahukan tentang kelahiran Yohanes Pembabtis dengan mengatakan ' Akulah Gabriel yang melayani Allah dan telah diutus untuk menyampaikan kabar baik kepada Zakharia (Lukas 1:19 dan Lukas 1:26).

 

  • GAHARU :

 Rempah - rempah yang harum baunya yang antara lain dipakai pada waktu penguburan (Mazmur 45:9 , Yohanes 19:39). 

Gaharu (bahasa Ibrani 'ahalim' dalam Amsal 7:17, Bil 24:6, "kayu gaharu dalam Mazmur. 45:8: Kidung Agung 4:14 menggunakan kata alahot. Dalam bahasa Yunani menggunakan kata ' aloe ' pada surat Yohanes 19:39). Pohon gaharu sejenis dengan pohon agal modern (Aguilaria agallochum) yang kini terdapat di Benggala Timur, Malaysia, dan Cina. Pohon itu adalah rempah-rempah yang berharga untuk mewangikan pakaian dan tempat tidur pada zaman Alkitab. Acuan dalam Bilangan 24:6 dapat mengisyaratkan bahwa pohon itu tumbuh di lembah Yordan.

  • GALATIA : 

Propinsi kerajaan Romawi yang terletak di bagian timur dari negara Turki sekarang (Asia Kecil). Di situ terdapat kota kota Ikonum, Listra, Derbe dan Antiokhia di Pisidia, Paulus membawa Injil ke sana (Kisah Para Rasul 13 14) 

Surat Galatia:

Surat ini ditulis oleh rasul Paulus dalam keadaan darurat.

Surat ini dapat dibagi sebagai berikut :

1. Salam (1:1-5). 

2. Injil baru itu bukanlah Injil (1:6-10). 

3. Riwayat hidup dan keterangan (1:11-2:14) 

3a. Paulus menerima pengutusannya langsung dari Kristus (1:11-17). 

3b. Kunjungan pertama Paulus ke Yerusalem sesudah pertobatannya (1:18-24). 

3c. Kunjungan kedua Paulus ke Yerusalem (2:1-10) 

3d. Sebab sebabnya Paulus menentang Petrus di Antiokhia (2:11-14). 

4. Injil kasih karunia tidak membiarkan dosa (2:15-21) 

5. Seruan mengenang pengalaman sendiri (3:1-6) 

6. Perjanjian Abraham mendahului hukum Musa (Kejadian 22:17). 

7. Kematangan Kristen (3: 23-4: 11). 

7a. Orang Kristen adalah anak Allah yang bertumbuh penuh (3:23-29). 

7b. Kembali ke masa kanak-kanak (4:1-7). 

7c. Kembali ke masa perbudakan (4:8-11)

8. Seruan lanjutan khas pribadi.(4:12-20) 

9. Kemerdekaan Kristen: dua Yerusalem (4:21-5:1) 

10. Anugerah, bukan perbuatan (5:2-12).

11. Kemerdekaan bukan untuk disalahgunakan (5:13-26) 

12 Himbauan untuk saling membantu (6:1-5) 

13. Menabur dan menuai (6:6-10) 14. Paulus menulis dengan tangannya sendiri (6:11-18) 

13a. Pauluslah yang menulis (ayat 11) ,

13 b. Kesombongan yang benar dan yang palsu (6:12-16). 

13c. Tanda yang benar dari hamba Kristus (6:17)

13 d. Ucapan berkat (6:18).


  • GALILEA : 

Bagian utara dari Palestina. Galilea adalah daerah tempat tinggal dan kegiatan pertama dari Yesus. Penduduknya merupakan campuran orang Yahudi dan orang bukan Yahudi (bandingkan dengan Matius 4:15). Danau Galilea sama dengan danau Genesaret (Lukas 5:1) atau danau Tiberias (Yohanes 6:1) 21:1). Dalam Perjanjian Lama terdapat nama kuno yaitu danau Kineret (Bilangan 34:11: Yosua 12:3) atau danau Kinerot (Yosua 13:27). 


  • GAMALIEL : 

Seorang ahli Taurat kenamaan dari golongan Farisi, anggota dari Mahkamah Agama di Yerusalem (Kisah Para Rasul 5:34, guru Saulus / Paulus) (Kisah Para Rasul 22:3). 

. Gamaliel diambil dari bahasa Ibrani yaitu gamli' el yang punya arti upah yang dari Allah, dalam bahasa Yunani menggunakan Gamahel. 

1. Putra Pedahzur, dan seorang 'pangeran dari anak-anak Manasye' yang terpilih membantu Musa untuk mengadakan sensus sewaktu mereka berada di padang belantara (Bilangan 1:10: 2:20: 7:54, 59: 10:23). 

2. Anak Simon dan cucu dari Hillel, Gamaliel ini adalah doktor ilmu hukum dan anggota Sanhedrin. Ia dari sayap golongan liberal Farisi (itu berarti Hillel bukan dari sekolah Sammai). Pada waktu para rasul diseret ke pengadilan (Kisah Para Rasul 5:33-40), dengan pidatonya yang beralasan dan meyakinkan, Gamaliel bertindak sebagai perantara. Paulus mengakuinya sebagai guru (Kisah Para Rasul 22:3), Gamaliel dijunjung tinggi sehingga disebut 'Rabban' (guru kami), suatu gelar yang lebih tinggi dari 'Rabbi' (guruku). Kitab Mishnah mencatat, sejak Rabban Gamaliel yang terhormat itu meninggal, hilanglah rasa hormat akan hukum Taurat, dan kesucian serta hal berpantangan lenyap pada saat yang sama.


  • GEHAZI : 

Hamba Elisa. Dialah 'hamba' yang tidak disebut namanya dalam 2 Raja - Raja 4:43 dan 'hamba' dalam 2 Raja - Raja 6:15. Tapi secara khusus namanya disebut pada tiga kesempatan. Dalam 2 Raja - Raja 4 ia mengatakan bahwa Elisa patut memberi upah kepada perempuan Sunem dengan menjanjikan seorang anak laki-laki.  Di kemudian hari ia mengambil tongkat Elisa, meletakkannya di atas anak yang telah meninggal dengan harapan dapat mengembalikan nafas anak itu, namun sia-sia. 

Dalam 2 Raja - Raja 5, Elisa menolak menerima hadiah dari Naaman yang sembuh dari penyakit kustanya. Gehazi memperoleh hadiah-hadiah itu bagi dirinya sendiri atas alasanalasan palsu. Sebagai hukumannya Gehazi kena penyakit kusta Naaman. Kusta dalam 2 Raja - Raja 5:27 dapat dibandingkan dengan jenis kusta dalam Imamat 13:12-13. Apabila penyakit kulit yang khas demikian, entah penyakit kulit apa pun itu, mengubah seluruh kulit menjadi putih, maka penderita masih 'bersih', dan tidak dikucilkan. Jadi Gehazi boleh tetap menjadi hamba Elisa. 

Dalam 2 Raja - Raja 8:1-6 Gehazi menceritakan kepada raja Yoram tentang anak perempuan Sunem dihidupkan kembali. Sementara ia bercerita datanglah perempuan itu sendiri menghadap raja, memohon hak miliknya dipulihkan. 


  • GEMBALA : 

Seorang pembimbing dan pemelihara kawanan domba atau kambing. Ia bertanggung jawab atas domba-dombanya, sering menghitungnya dan juga melindunginya terhadap bahaya dari luar. Di Israel TUHAN Allah diakui sebagai Gembala umat-Nya (Mazmur 23: Yesaya 40:11, Yehezkiel 34). Dan penggembalaan itu akan dilaksanakan oleh seorang gembala "yaitu hamba-Ku Daud” (Yehezkiel 34:23: 37:24). TUHAN Yesus adalah Gembala yang baik (Yohanes 10), dan para penatua jemaat Kristen diberi tugas menggembalakan jemaat, di bawah pengawasan Gembala Agung (1 Petrus 5:1-4, Yohanes 21:15-17).


  • GENESARET : lihat GALILEA


  • GERA : 

Ukuran timbangan sebesar 1/20 syikal - kurang lebih 1/2 gram ( Keluaran 30:13). 


  • GIHON : 

Mata air sebelah timur gunung Bait Allah di Yerusalem (1Raj. 1:33). Raja Hizkia menyalurkan airnya melalui sebuah terowongan ke dalam kota, ke kolam Siloam (1 Raja - Raja 20:20, 2 Tawarikh 32:30, Yohanes 9:7). 

Gihon(Ibrani gikhon, "sungai kecil). 

1. Satu di antara 4 sungai di Taman Eden (“Eben, TAMAN), yang disamakan dengan “ beberapa sungai seperti Oxus, Araxes, Gangga, Nil, dan beberapa sungai lainnya. Penyamaan Gihon dengan Nil muncul dari pernyataan yang mengatakan bahwa Gihon mengalir mengelilingi (savav) seluruh tanah Kusy (Kejadian 2:13), yang dianggap adalah Etiopia. Tapi kemungkinan yang lebih tepat, Kusy yang dimaksudkan di sini adalah daerah di sebelah timur Mesopotamia, daerah asal orang Kassit (“Kusy). Jika benar demikian, maka beberapa sungai yang mengalir ke Mesopotamia dari pegunungan di sebelah timur mungkin adalah sungai Divala atau sungai Kerkha, kendati terjadi pergeseran alami yang juga telah terjadi menyebabkan perubahan ciri - ciri geografis yang mengakibatkan acuan apapun menjadi tidak pasti.

2, Nama sumber (mata) air di sebelah timur Yerusalem, di mana Salomo diurapi menjadi raja (1 Raj 1:33, 38, 45). Dari sumber air inilah. Hizkia membuat saluran air ke kolam Siloam ( 2 Tawarikh 33:30 ) di sekitar halaman dekat tembok - tembok kota, sumber air tersebut masih ada di luar tembok yang dibangun oleh Manasye ( 2 Tawarikh 33:14 ).


  • GITIT : 

Alat musik atau lagu tertentu (Mazmur 8:1, Mazmur 81:1, Mazmur 84:1, ).


  • GOG : 

Raja tanah Magog yang pada akhir zaman memimpin serangan bangsa-bangsa melawan Yerusalem, tetapi akan dikalahkan (Yehezkiel 38-39). Dalam Wahyu 20:8 Gog dan Magog memimpin tentara Iblis melawan umat TUHAN dalam pertempuran yang terakhir.


  • GOMER : 

1. Ukuran isi sebesar 1/10 efa = kurang lebih 3,6 liter. 

2. Putra sulung dari Yafet. Ayah dari Askenas, Rifat dan Togarma (Kejadian 10:2, 3). Nubuat Yehezkiel (Yehezkiel 38) menghubungkan erat antara orang - orang Gomer dengan rumah Togarma (Bet-Togarma) dalam bala tentara Gog. Dan mungkin sama dengan Gimirai kuno (orang Cimeria), suatu kelompok bangsa Arya yang menaklukkan Urartu (Armenia) dari tanah air mereka, Ukrainia, beberapa waktu menjelang abad 8 sebelum Masehi, ketika mereka muncul sebagai musuh Asyur.

3. Putri dari Diblaim dan menjadi istri Hosea (Hosea 1:3). Ia melahirkan anak-anak bernama Yizreel, Lo-Ruhama, dan Lo-Ami (Hosea 1).


  • HALAL: lihat HARAM

  • HALELUYA/ALELUYA : 

(Bahasa Ibrani): "Pujilah TUHAN ”. Sering dipakai dalam kitab Mazmur, juga dalam Wahyu 19:1, 3, 4, 6. 


  • HARAM :

 Makanan haram dan beberapa perbuatan terlarang yang menajiskan orang Israel, sehingga mereka tidak boleh lagi mengikuti ibadah, kalau tidak diadakan upacara korban untuk mentahirkan orang dahulu.


  • HARI : 

Dalam kitab para nabi seringkali disebut tentang ”hari TUHAN ”, ”hari terakhir”, ”hari penghakiman” atau hanya "pada hari itu”. Ungkapan-ungkapan itu menunjuk pada masa depan bilamana TUHAN Allah akan bertindak dan akan mendatangkan keadaan yang sama sekali baru. Dalam Perjanjian Baru "hari TUHAN ” itu disamakan dengan ”hari Yesus Kristus” yaitu waktu kedatangan-Nya sebagai Hakim dan Juruselamat pada akhir zaman.


  • HARI PERSIAPAN : 

Hari sebelum hari Sabat, jadi hari Jumat, di mana persiapan untuk Sabat (Matius 27:62) atau Paskah (Yohanes 19:14) sudah dimulai. 


  • HARI RAYA PASKAH : 

Perayaan pembebasan bangsa Israel dari Mesir. Anak-anak sulung orang Mesir dibunuh, tetapi pintu-pintu rumah orang Ibrani ”dilewati” (Ibrani Pesah berarti: melewati). Peristiwa itu diperingati dengan mengadakan perjamuan Paskah di mana para peserta "makan Paskah” yaitu makan "korban Paskah” atau anak domba Paskah itu (Keluaran 12:23-28, 43-51). Dalam Perjanjian Baru Yesus Kristus disebut "anak domba Paskah” (1 Korintus 5:7) atau ”Anak Domba yang disembelih” (Wahyu 5:6). Untuk Jemaat Purba hari Paskah mendapat isi baru, yaitu perayaan kebangkitan TUHAN.

Hari Raya Paskah merupakan salah satu dari 3 perayaan besar tahunan yang selalu dirayakan umat Israel yang dirayakan setiap tanggal 14 bulan pertama. Nama lain Hari Raya Paskah adalah Hari Raya Roti Tidak Beragi, Hari Raya Paskah ini berlangsung selama tujuh hari, sama seperti Hari Raya Pondok Daun. Pada perayaan Hari Raya Paskah selama seminggu tidak diperkenankan melakukan aktifitas atau pekerjaan - pekerjaan yang berat, dan selama seminggu pula harus makan roti yang tidak beragi.

Hari pertama sampai pada puncak perayaan diadakan perkumpulan kudus dan diwajibkan membawa korban persembahan ( Bilangan 28:16-25 , Ulangan 16:1-8 )

  • HARI RAYA PENDAMAIAN : 

Satu hari setahun dimana segala dosa rakyat dan imam diperdamaikan TUHAN yang dilambangkan dengan seekor kambing jantan yang setelah ditumpangi tangan dilepaskan ke padang belantara (Imamat 16 dan Imamat 23:27).


  • HARI RAYA PENTAHBISAN 

Perayaan umat Yahudi yang memperingati pembangunan kembali mezbah Bait Allah di Yerusalem dan pentahbisannya pada tahun 165 sebelum Masehi. Mezbah itu dinajiskan dan dirusakkan dalam  perang Makabe.


  • HARI RAYA PENTAKOSTA 

Perayaan pengucapan syukur bagi Israel atas hasil panen gandum. Pesta itu dirayakan tujuh minggu (bahasa Yunani Pentakosta berarti: kelima puluh) setelah hari Paskah. Sebab itu juga dikenal dengan nama "hari raya Tujuh Minggu” (Ulangan 16:10). Dalam Perjanjian Baru dihubungkan dengan turunnya Roh Kudus (Kisah Para Rasul 2)

Persamaan kata  Hari Raya Pentakosta  adalah Hari Raya Tujuh Minggu, Hari Raya Menuai, dan Hari Raya Bungaran ( Keluaran 23:16 , Keluaran 34:22, dan Bilangan 28:26 ).

Kemudian semua persamaan kata tersebut dikenal dengan Hari ke - 50 yang dihitung dari hari Sabat permulaan Hari Raya Paskah. Hari Raya Pentakosta juga ditandai dengan adanya perkumpulan kudus dan membawa korban persembahan, sama seperti Hari Raya Roti Tidak Beragi dan Hari Raya Pondok Daun.

  • HARI RAYA PONDOK DAUN 

Perayaan pengucapan syukur bagi Israel atas hasil panen. Pada perayaan itu orang tinggal dalam pondok daun sebagai peringatan akan zaman pengembaraan dalam padang belantara (Imamat 23:33-44). Pada zaman Perjanjian Baru hari raya itu masih dikenal (Yohanes 7:2). 


Hari Raya Pondok Daun merupakan salah satu dari tiga pesta besar yang ada dalam bangsa Yahudi atau Israel yang dirayakan setiap pertengahan bulan ke tujuh selama tujuh hari. Hari Raya Pondok Daun mengharuskan setiap laki - laki hadir mengikuti acara pesta Hari Raya Pondok Daun untuk mempersembahkan hidupnya di hadapan TUHAN ( Keluaran 23: 14-17, Keluaran 34: 23, Ulangan 26:16 ). Pesta Hari Raya Pondok Daun biasanya dirayakan dengan sangat meriah oleh bangsa Yahudi ( Ulangan 16:14 )

Nama Hari Raya Pondok Daun muncul berawal dari kebiasaan - kebiasaan para penduduk orang Yahudi duduk - duduk di dalam pondok yang dibuat dari Daun dan cabang dari berbagai pepohonan yang ada di sana selama seminggu.

Selama Hari Raya Pondok Daun berlangsung bangsa Israel harus membawa berbagai korban sebagai korban persembahan dengan aturan sebagai berikut : Pada hari pertama Hari Raya Pondok Daun

  • HARI RAYA ROTI YANG TIDAK BERAGI : 

Perayaan selama tujuh hari sehabis Paskah, dimana roti dibakar tanpa memakai ragi sebagai peringatan akan malam pembebasan orang Ibrani dari perbudakannya di Mesir (Keluaran 12:14-20, bandingkan dengan Matius 26:17). 


  • HARI TUHAN : Lihat HARI

  • HASTA : Ukuran panjang sebesar 45 cm

  • HERODES


1. Herodes Agung, raja atas seluruh tanah Palestina ( tahun 37 - 4 Sebelum Masehi). Dialah yang membunuh bayi-bayi laki - laki di Betlehem (Matius 2, Lukas 1:5). 

2. Arkhelaus, anak Herodes Agung, memerintah atas Yudea dan Samaria (tahun 4 Sebelum Masehi - 6 Sesudah Masehi). Ia dipecat dan daerahnya dimasukkan langsung ke dalam Kerajaan Romawi (Matius 2:22). 

3. Herodes Antipas, anak Herodes Agung, raja wilayah atas Galilea (tahun 4 Sebelum Masehi - 39 Sesudah Masehi), yang kemudian dipecat. Ia kawin dengan Herodias, bekas isteri saudaranya (Lukas 3:19). Dialah yang membunuh Yohanes Pembaptis (Matius 14:1-12). 

4. Herodes Agripa I, cucu Herodes Agung, raja atas seluruh Palestina (tahun 41 - 44 sesudah Masehi). Dialah yang membunuh rasul Yakobus dan yang.memenjarakan Petrus (Kisah Para Rasul 12). Anaknya ialah Agripa II (bandingkan dengan Agripa).

  • HERODIAN : 

Orang - orang Herodian ialah anggota - anggota suatu partai Yahudi yarig menghendaki keturunan Herodes Agung memerintah atas mereka dan bukan gubernur Romawi (Matius 22:16). 


  • HERODIAS : Lihat HERODES


Hidup : TUHAN Allah adalah Allah yang hidup dan pada-Nya ada sumber kehidupan (Mazmur 36:10). Kehidupan terjadi oleh firmanNya (Kejadian 1, Mazmur 33:9). Dalam Firman itu ada hidup dan hidup itulah terang manusia (Yohanes 1:5). Dan ”hidup yang kekal” ( hidup sepenuh - penuhnya ) diberi kepada setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus (Yohanes 3:16, 36)

  • HIGAYON : 

Petunjuk bagi yang memainkan alat musik (Mazmur 9:17). 


  • HIN : 

Ukuran isi sebesar 1/6 bat lebih 6 liter. 


  • HISOP : 

Tumbuh - tumbuhan yang kecil yang batang dan daunnya dapat dipergunakan untuk memercikkan barang cair (Keluaran 12:22, Bilangan 19:18: Mazmur 51:9: Yohanes 19:29). 


  • HOMER 

Ukuran isi sebesar 10 efa = kurang lebih 360 liter. Homer sama besar dengan kor. 


  • HUJAT : 

Dosa karena menyinggung atau menyangkal Nama TUHAN. Yesus dituduh menghujat Allah, karena Ia menyebut diri-Nya Kristus, yakni Mesias (Matius 26:63-65). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Persegi

Iklan Tengah Artikel 2

script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-8166554209669713" crossorigin="anonymous">

Iklan Bawah Artikel